Apa itu Game Engine – RPG Maker ? Mengapa Banyak Orang yang Menggunakannya ?

Bagi para penggemar game pada era sekarang, kita lebih banyak mencari game yang memiliki grafik tinggi dan halus yang menarik di mata, dan juga menyenangkan untuk dimainkan. Game engine yang terkenal dalam pembuatan game dengan grafik tinggi salah satunya adalah Unreal Engine. Beberapa game yang dibuat dengan engine ini dengan title yang besar adalah Mass Effect, Bioshock, dan series Batman: Arkham.

Tentu sangat menarik dan menyenangkan, bermain game dengan kualitas grafik tinggi, tetapi ada satu game engine yang sangat terkenal pada jamannya, dengan grafik yang sederhana, tetapi tidak kalah menarik dengan game lainnya, dan menurut saya jika para developer lebih mengembangkan pembuatan game dengan engine ini, bisa mengalahkan banyak game-game terkenal dengan grafik tinggi pada jaman sekarang.

RPG Maker adalah game engine yang menyediakan pengguna untuk membuat role-playing video game sendiri, khususnya 2D. Sebelum lanjut menjelaskan lebih dalam tentang RPG Maker, perlu kalian ketahui dulu tentang game engine.

Game Engine

Game Engine

 

Game engine adalah sebuah sistem software yang dirancang untuk pembuatan dan pengembangan suatu video game. Game engine memberikan kemudahan dalam menciptakan konsep sebuah game yang akan dibuat. Mulai dari sistem rendering, physics, scripting, A.I, dan bahkan sistem networking. Game engine dapat dikatakan sebagai arsitekturnya para developer dalam merancang game.

Nah, setelah mengetahui apa itu game engine, sekarang kita lanjut ke RPG Maker.

RPG Maker

RPG Maker

 

Seperti yang dikatakan diatas, RPG Maker adalah game engine untuk membuat role-playing video game. Dengan “tileset” based map editor, scripting language yang sederhana, dan battle editor, RPG Maker merupakan salah satu game engine termudah, dan awal pembelajaran yang bagus bagi para developer pemula yang ingin membuat game RPG. Di dalam nya juga sudah tersedia character sprites dan premade tilesets untuk mempermudah pembelajaran game engine ini.

Mengapa RPG Maker terkenal ?

Nah, sekarang pertanyaannya adalah mengapa game-game yang dibuat pada RPG Maker bisa terkenal pada jamannya ? Bagi para penggemar game yang lebih berfokus pada alur cerita, RPG Maker adalah salah satu game engine yang menghasilkan banyak game-game seperti itu, karena memang game engine ini ditujukan untuk membuat game yang memiliki alur cerita yang dalam dan menarik, sehingga membuat orang tertarik dan penasaran bagaimana kelanjutan cerita dalam game tersebut. Sama seperti Visual Novel, yang berfokus pada alur cerita nya,tetapi dengan lebih banyak action. Walaupun memiliki grafik yang sederhana dan hanya terbatas pada 2D, namun justru itu para penggemar game dapat menyimak lebih dalam alur cerita yang ada dalam game-game dari engine RPG Maker ini. Tetapi terkadang ada game developer menghasilkan game dengan menggunakan RPG Maker yang memiliki grafik bagus, dan memiliki alur cerita yang menarik. Game-game dari RPG Maker juga terkadang terdapat banyak teka-teki dan battle, memberi tantangan kepada para gamer.

 

Contoh game yang dibuat menggunakan RPG Maker

1. Ib

lb RPG Maker games

 

Dibuat oleh Kouri, seorang ahli seni dari Jepang pada tahun 2012, Ib merupakan game RPG bergenre horror yang memiliki cerita unik dan menegangkan, dengan teka-teki yang cukup rumit. Ib merupakan salah satu game yang sangat iconic, dengan grafik yang sangat sederhana dan gloomy art style. Yang membuat game ini bener-bener menarik perhatian para gamer, game ini memiliki beberapa ending, dan setiap ending memiliki cerita yang sangat berbeda. Satu langkah yang berbeda bisa berpengaruh pada ending.

Menceritakan tentang seorang anak perempuan bernama Ib yang dibawa pergi orang tuanya ke museum seni / art gallery bernama Guertena Weiss’ museum. Dengan izin orang tuanya, Ib berkeliling sendirian di dalam museum tersebut. Meneliti lukisan yang tidak dia mengerti, dengan seketika museum menjadi kosong selama terjadi pemadaman listrik. Pintu mengunci sebelum ia dapat meninggalkan museum dengan orang lain. Serangkaian bercak lukisan membimbingnya ke sebuah lukisan laut, yang dia secara fisik masuk. Dalam dunia lukisan, Ib akhirnya menemukan dua orang lain. Garry, seorang pemuda bersuara lembut mengenakan pakaian compang-camping yang mengurus dan melindungi Ib, dan Mary, gadis yang jail, yang berusia sekitar usia Ib. Sepanjang perjalanan, Ib, Garry, dan Mary menemukan banyak teka-teki, patung hidup, dan lukisan pembunuh yang mengerikan.

2. The Witch’s House

The Witch's House

 

Dibuat oleh Fummy pada tahun 2012, The Witch’s House merupakan RPG bergenre survival horror yang memiliki banyak teka-teki, banyak cara untuk mati, dan banyak sekali jumpscare. Walau memiliki cerita yang menarik, game ini berfokus pada teka-teki yang harus dijawab dengan benar, kesalahan akan berakibat kematian, sehingga memiliki rasa ketegangan yang tinggi saat bermain game ini. Memiliki grafik yang bagus, membuat setiap adengan dan setiap jumpscare lebih mengerikan.

Menceritakan tentang seorang anak perempuan bernama Viola, yang bangun di tengah-tengah hutan. Mengetahui bahwa ia tidak dapat keluar dari hutan karena jalannya tertutup bunga mawar, satu-satunya pilihan adalah memasuki rumah misterius dengan harapan menemukan cara untuk keluar. Ditemani oleh seekor kucing hitam, Viola harus mencoba bertahan hidup di dalam rumah yang berbahaya tersebut.

3. To The Moon

To the moon

 

Dibuat dan di publish oleh Freebird Games, sebuah perusahaan video game yang dijalankan oleh Kan Gao pada tahun 2011 (untuk Windows), To The Moon adalah game RPG bergenre adventure yang berfokus pada alur cerita, puzzle solving, dan menginterpretasikan informasi untuk menyelesaikan misi dalam game tersebut. Memiliki alur cerita yang unik dan mengharukan, game ini merupakan salah satu game yang paling terkenal yang dibuat dengan engine RPG Maker. Game ini juga memiliki grafik yang sangat bagus dibanding dengan game RPG Maker lain, memiliki suasana yang tenang, serta memiliki banyak soundtrack yang indah, membuat para pemain game ini menyelam lebih dalam pada alur cerita dalam game ini.

Menceritakan sebuah perusahaan bernama Sigmund Corp. yang memiliki karyawan bernama Dr. Eva Rosalene dan Dr. Neil Watts. Perusahaan tersebut menciptakan sebuah teknologi yang dapat membuat artificial memories (Ingatan buatan). Mereka menawarkan ini sebagai layanan “Wish fulfillment” kepada orang-orang yang sudah kunjung meninggal. Karena artificial memories ini berkonflik dengan ingatan asli pasien tersebut, prosedur ini hanya legal saat pasien tersebut memiliki waktu yang singkat untuk hidup. Pada suatu hari, mereka ditugaskan untuk melayani seorang pasien bernama Johnny Wyles yang sudah sekarat untuk menggapai impiannya, yaitu pergi ke bulan. Namun ia tidak tau mengapa ia ingin pergi ke bulan. Dengan itu, Eva dan Neil pergi mencari informasi, dan petualangan mereka yang dipenuhi cerita yang mengharukan untuk mencapai impian Johnny dimulai.

Kesimpulan

RPG Maker merupakan game engine yang sederhana, namun dapat membuat banyak sekali game menarik dengan variasi genre. Dengan kreatifitas dan ide-ide yang menarik, game RPG Maker dapat sama menyenangkannya dengan game-game lain.

Nah, setelah baca ini, apa kalian tertarik dengan game-game dari engine RPG Maker ini ? Atau mungkin kalian ingin membuat sebuah game dari game engine ini ? Silahkan tulis di komentar tentang game engine ini !

Recent Posts

Recent Comments

Bryan Written by:

Be First to Comment

    Yuk Comment :D

    This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.