Faktor apa yang membuat game PC menjadi lebih lancar ?

” RAM, Processor saya sudah cukup untuk memainkan game ini. Tapi kenapa masih tidak berjalan dengan lancar ya?? ” Pertanyaan tersebut pasti sudah tidak asing lagi di telinga kita, bahkan kita pasti pernah bertanya hal yang sama. Sebenarnya faktor yang membuat game berjalan dengan lancar tidak hanya dari RAM dan Processor saja, graphic card dan DirectX juga berperan penting dalam membuat game menjadi lebih lancar. Untuk lebih tepatnya, PC / laptop kalian harus memenuhi syarat Minimum System Requirements sebuah game untuk membuat game tersebut lancar.

System requirements

system requirements adalah syarat hardware PC / Laptop kalian untuk memainkan game. dari contoh diatas (Dragon age : inquisition), kita bisa melihat minimum system requirements mencakup : OS (Operating System), Processor, RAM, graphic card bersama VRAM, free space, dan versi DirectX. untuk lebih mudah dalam melihat diuraikan menjadi seperti ini :

Minimum System Requirements

  • Operating System : Windows 7 or 8 64-bit
  • AMD Processor : AMD Quad Core @ 3.2 Ghz (Athlon II X4 6400e)
  • Intel Processor : Intel Quad Core  @ 2.0 Ghz (Core 2 Quad Q6400 @ 2.13GHz)
  • RAM : 4 GB
  • AMD graphic card : AMD Radeon HD 4870
  • NVDIA graphic card : NVIDIA GeForce 8800 GT
  • Graphic memory / VRAM : 512 MB
  • Free space : 26 GB
  • DirectX version : DirectX 10

Operating System

di gambar diatas, kita diberi pilihan untuk memilih windows 7 atau windows 8 dengan versi 64-bit. untuk performa yang lebih bagus disarankan menggunakan windows 8 64-bit dibandingkan dengan windows 7 64-bit. tapi jika dibandingkan dengan OS windows 10 64-bit, lebih baik menggunakan windows 10 64-bit karena performa windows 10 lebih bagus dibandingkan windows 7 dan 8.

Processor

Processor mempunyai peranan penting dalam menjalankan game, processor menentukan seberapa kuat performa PC / Laptop kalian untuk sanggup menjalankan game tersebut. inilah mengapa sering terjadinya frame drop / FPS Drop. Contoh : kalian menggunakan Intel Core 2 Duo @ 1.2 Ghz untuk memainkan game ini, terjadi game kalian akan crash.

Processor disebut juga sebagai “otak” dikarenakan processor mempunyai tugas untuk memberi perintah pada RAM dan graphic card dalam memunculkan objek di game dan melakukan komputasi.

RAM

faktor selanjutnya adalah RAM (Random Access Memory), apa fungsi RAM? untuk membuat performa gaming kalian menjadi lebih cepat, dengan detil nya lagi, objek-objek yang ada pada layar kalian dalam melakukan gaming disimpan oleh RAM. RAM adalah tempat dimana game disimpan pada saat melakukan loading (beda dengan free space). Untuk penjelasan singkatnya, bayangkan kalian berada dialam ruangan dengan 10 objek, performa game kalian pasti lebih lancar dibandingkan diluar ruangan dengan 100 objek. (dengan catatan hanya melihat performa RAM)

Graphic card

Fungsi graphic card adalah melakukan render objek dalam sebuah game. Dengan kata lain seberapa bagus dan detil kualitas gambar / objek yang akan muncul di PC / Laptop kalian. sebagai contoh, shadow , quality texture, cloud, 3d rendering, dan sebagainya (sering kita temukan dalam graphic option atau advanced option di dalam option game) jika aktifkan semua fungsi itu, game kita akan terlihat lebih “memanjakan mata” tapi graphic card kalian akan berkerja lebih keras. Jika hal ini terjadi, maka ada 2 pilhan yang disarankan.

Pertama, kalian bisa mematikan fitur-fitur tersebut sehingga membuat game lebih lancar. metode ini disarankan bagi PC / Laptop yang hanya mencapai syarat minimum.

Kedua, hanya menyalakan beberapa fitur-fitur yang kalian inginkan seperti quality texture yang membuat kerja graphic card menjadi tidak terlalu berat.

VRAM

Video Random Access Memory (VRAM), secara singkat pengertian VRAM sama seperti RAM, digunakan untuk menampung objek, tetapi VRAM akan menampung objek yang akan dirender oleh graphic card. Semakin besar VRAM maka semakin besar juga kemampuan graphic card untuk memproses gambar yang lebih bagus. VRAM TIDAK MEMPUNYAI kapasitas yang sama dengan RAM. Jika RAM kalian 4 GB, bukan berarti VRAM kalian juga mempunyai kapasitas 4 GB. untuk mengecek VRAM, bisa dilakukan dengan cara mengetik “dxdiag” (tanpa kutip) di start menu. Selain digunakan untuk mengecek VRAM, dxdiag bisa digunakan juga untuk mengecek processor, RAM, OS, Sound, dsb.

Free space

Kapasitas hard drive juga perlu diperhatikan sebelum melakukan instalasi game, biasanya folder instalasi game berbeda dengan folder save data game. dan perlu diperhatikan juga untuk saat uninstall game, folder game JANGAN DIHAPUS jika ada pilihan uninstall game, karena PC / Laptop kalian akan membaca kalau kalian hanya “menghapus” folder game, sehingga data-data residual game masih tersisa di hard drive kalian (berbeda dengan uninstall yang menghapus bersih data game kecuali save data). Jika tidak ada pilihan uninstall, cek terlebih dahulu di bagian program and features untuk melihat apakah game termasuk registrasi, jika game termasuk registrasi lakukan proses uninstall dari program and features.

DirectX

Apa itu DirectX ? DirectX adalah kumpulan dari produk Direct yang dikembangkan oleh microsoft seperti Direct3D, DirectSound, DirectMusic, DirectWrite dan sebagainya. Dinamakan DirectX karena sebenarnya DirectX digunakan untuk Xbox. DIrectX sendiri dikhususkan untuk membuat game menjadi lebih baik.

Untuk perkembangan DirectX sendiri mempunyai perkembangan yang mensupport game, pada versi DirectX 10 ada perkembangan audio dari DirextX 9, sedangkan DirectX 11 mempunyai major update untuk komponen-komponen yang ada didalam DirectX. Untuk versi yang terbaru nya yaitu DIrectX 12, mempunyai update untuk mengatasi masalah overhead pada driver dan memaksimalkan multi-GPU.

jadi semakin tinggi versi DirectX yang kalian punya, maka game yang kalian jalankan juga semakin mempunyai kualitas yang lebih baik.

Wrap it up. . .

Demikian faktor-faktor yang mempengaruhi kelancaran game yang ada pada PC / Laptop kalian ! sebelum kalian memainkan game, ada baiknya kalian melihat dulu system requirements game sehingga kalian dapat memainkan game tersebut tanpa adanya masalah yang menghambat anda nantinya.

Demikian artikel kami untuk minggu ini ! Silahkan share artikel ini untuk membantu teman-teman kalian yang mempunyai masalah dalam game yang tidak lancar dan silahkan berpendapat di kolom komentar.

Terima kasih dan tunggu artikel kami minggu depan! Happy Gaming !

Recent Posts

Recent Comments

Be First to Comment

    Yuk Comment :D

    This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.