Dapatkah Layar LCD terkena Burn-In?

Mungkin kalian pernah melihat bayang-bayang keyboard Anda di layar setelah mengetik dan hal itu membuat Anda risih karena walaupun tidak sedang mengetikpun keyboard tersebut masih terlihat samar-samar. Jika ya, maka kalian bukanlah satu-satunya karena pembaca kami juga mengalaminya.

Komentar Pembaca 1

Komentar Pembaca 2

Bahkan ada juga yang mengalaminya ketika baterainya dibawah persentase tertentu. Keduanya memberikan sharing pengalamannya di komentar artikel kami “Layar Burn-In? Apa penyebabnya dan Bagaimana cara mencegahnya?“. Tapi mereka memiliki smartphone dengan layar LCD, sedangkan pada artikel itu kami menjelaskan bahwa yang dapat terkenda Burn-In adalah ponsel dengan layar LED. Keduanya tentu mengalami gejala Burn-In, tapi sebenarnya LCD tidak dapat terkena Burn-In. Lalu, apa penyakit yang melanda smartphone mereka?

Transient Image Persistence

Sering dikira Burn-In, tapi LCD dengan LED memiliki struktur yang berbeda. LCD memerlukan backlit untuk menerangi layarnya, sedangkan piksel-piksel yang ada pada LED dapat menyala dengan sendirinya tanpa backlit. LCD dapat terkena Transient Image Persistence atau dalam artikel ini akan saya singkat menjadi TIP, namun efek ini tidaklah permanen dan dapat hilang. Tidak seperti Burn-In yang permanen jika terkena pada layar LED.

Penyebab TIP tidak nentu, tapi umumnya adalah ketika layar kita dinyalakan untuk waktu yang cukup lama dengan gambar statis, maka kristal yang ada pada LCD masuk kedalam keadaan relaxed state yang dapat meninggalkan sedikit gambar yang sebelumnya ditampilkan.

Dapatkah dicegah/dihilangkan?

Jika layar LCD smartphone kalian belum menunjukkan gejala-gejala TIP, maka ada beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk mencegahnya.

  1. Cegahlah untuk memakai background wallpaper yang sama dalam waktu yang cukup lama, ubahlah sesekali wallpaper Anda
  2. Ubah pengaturan layar Anda agar mematikan layar smartphone Anda ketika tidak sedang dipakai dan usahakan untuk persingkat waktunya sesuai dengan kebutuhan Anda, jangan biarkan layar smartphone Anda berada pada keadaan yang sama untuk waktu yang lama
  3. Ubah tema smartphone Anda sesekali, bisa keyboard, icon pack, launcher atau lainnya.

Bagi kalian yang sudah mengalami TIP, kalian bisa mengurangi kemungkinan timbulnya kembali dengan cara mematikan layar smartphone Anda untuk waktu yang cukup lama, bisa beberapa jam sampai beberapa hari. Bisa juga nyalakan layar dengan gambar berwarna solid seperti putih untuk waktu yang cukup lama, hal ini akan menyebabkan kristal yang ada pada LCD untuk me-reset settingan-nya dan menghilangkan gejala Image Persistence yang pernah ada.

 

Semoga kalian dapat lebih mengerti lagi perbedaan antara Burn-In dan TIP dengan artikel ini dan dapat mencegah terjadinya TIP pada smartphone Anda. Terus ikuti kami untuk mendapatkan informasi-informasi tentang teknologi 🙂 Salam Getective!

Recent Posts

Recent Comments

James Alexander Written by:

A simple boy with an enormous appetite for curiosity.

16 Comments

  1. James Alexander
    June 8, 2018
    Reply

    Bukan gan/sis. Di IPS LCD itu namanya Transient Image Persistent yang memang mirip Burn-In tapi bersifat sementara saja dan tidak permanen seperti Burn-In di layar OLED.

  2. Riza
    June 30, 2018
    Reply

    Berarti engak sebahaya yang di LED ya gan?

    • James Alexander
      June 30, 2018
      Reply

      Enggak gan, efek di LCD jarang banget dan tidak permanen. Sedangkan di OLED pasti rentan terkena burn-in dan efeknya permanen.

  3. Riza
    July 2, 2018
    Reply

    Apa burn in juga bisa terjadi karena software gan?

    • James Alexander
      July 2, 2018
      Reply

      Burn-In hanya dr pemakaian hardware yang kurang dijaga. Mungkin efek dr software ya karena keseringan pakai software yang punya icon atau HUD yang statis seperti bermain game mobile legends atau PUBG terlalu lama yang memiliki lingkaran/kotak mini map yang berada di tempat yang sama terus menerus. Tp burn-in hanya rentan pada layar OLED saja kok

  4. Riza
    July 2, 2018
    Reply

    Makasih gan membantu banget terus berkarya gan

    • James Alexander
      July 2, 2018
      Reply

      Sama2 gan 🙂 makasih yaa. Terus ikutin kami ya 😀

  5. Arif Prasetyo
    December 2, 2018
    Reply

    hp saya xiaomi redmi note 4 juga mengalami TIP, tapi terjadinya cukup cepat, misal: ketika saya buka aplikasi WA satu menit pun pas saya cek udah berbayang gan. TIP itu bukannya terjadi saat setelah layar stuck di tampilan itu2 aja dalam waktu cukup lama ya? tapi kenapa di hp saya, satu menit aja udah berbayang? gimana gan?

  6. Arif Prasetyo
    December 2, 2018
    Reply

    hp saya xiaomi redmi note 4 juga mengalami TIP, tapi terjadinya cepat, misal: ketika saya buka WA, dalam sekitar 1-2menit pun sudah berbayang gan pas saya cek setelahnya. bukannya TIP itu terjadi saat stuck di satu tampilan dalam waktu yang cukup lama ya? tapi kenapa di hp saya dalam 1-2 menitpun udah berbayang? gimana itu gan?

    • James Alexander
      December 2, 2018
      Reply

      Kalau sudah mengalami TIP, biasanya memang cepat, LG V10 saya juga baru nyala pun langsung ada bayang

  7. December 26, 2018
    Reply

    Gan ane udah pake cara yg ditulis diatas, tapi kok masih burin in yah gan?

    • James Alexander
      December 26, 2018
      Reply

      Hpnya apa gan kalo boleh tau? Untuk layar LCD, walaupun sudah mengikuti tapi tetap kena, biasanya karena sering panas, untuk layar OLED, cara yang ada di artikel itu hanya untuk memperlambat prosesnya karena lama kelamaan layar OLED pasti akan terkan burn-in

  8. Novi
    April 11, 2019
    Reply

    Saya baru pk hp vivo y93 dan selalu mengalami tip di bagian notch setiap membuka app dgn notch yg gelap dlm waktu 1 menit sj. Apa tdk ada solusi u/ membuatny tdk kambuh lg?

  9. Aryawan
    April 14, 2019
    Reply

    Kak hp saya Asus Zenfone Max Pro M2 kena TIP kak, waktu saya buka Line masih kelihatan bayangan habis nonton YouTube nya. Saya sudah mematikan hp saya berjam jam, sambil ngacas. Pas saya hidupin hp nya, bayangan YouTube nya hilang, tapi muncul bayangan lain. Hp saya layarnya LCD-IPS

    • James Alexander
      April 14, 2019
      Reply

      Itu sepertinya cacat pabrik. Mumpung masih garansi langsung claim aja gan. Soalnya teman saya punya Zenfone MPM2 nya tidak seperti itu

Yuk Comment :D

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.