Good Bye Cyanogenmod, Welcome Lineage OS!

Walaupun kami baru saja meng-cover tentang CyanogenMod dalam artikel kami beberapa waktu lalu, tidak dapat dipungkiri bahwa CyanogenMod telah mengalami masalah dalam beberapa tahun terakhir ini dan yang terakhir adalah pisahnya CyanogenMod dengan Co-Foundernya yaitu Steve Kondik akhir tahun lalu. Setelah itu CyanogenMod mengumumkan bahwa mereka akan menghentikan seluruh Update pada 31 Desember 2016 dan menutup CyanogenMod dengan versi terakhirnya, yaitu CyanogenMod 14.1. Namun, beredar kabar bahwa CyanogenMod akan tetap lanjut dengan nama Lineage OS. Dan hal itu dikonfirmasi oleh pihak CyanogenMod dan dapat Anda lihat di website resminya disini.

Lineage OS tidak hanya akan melanjutkan apa yang sudah dibangun oleh Cyanogenmod, namun juga akan memperbaikinya. Untuk sementara waktu sistem operasi ini hanya menunjang beberapa perangkat dan akan terus bertambah. Namun, jika Anda bertanya apakah Lineage OS akan men-support smartphone Anda, sudah dikonfirmasi bahwa perangkat yang didukung dalam build CyanogenMod sebelumnya akan dilanjutkan juga ke dalam sistem operasi ini, jadi berbahagialah yang sudah disupport oleh CyanogenMod. Lineage OS akan menjalankan versi Android berbasis Nougat atau versi 7.1.1 sebagai tahap awal pengembangan mereka.

APA YANG DAPAT KAMI HARAPKAN

Lineage OS logo

Tentu saja dengan kesuksesan CyanogenMod dalam dunia Custom ROM dan membawa update yang mungkin tidak akan pernah dilihat oleh perangkat-perangkat lama, Lineage OS akan banyak juga diminati oleh para pengguna setia CyanogenMod. Kami belum tahu apakah Lineage OS juga akan meliputi versi Android sebelumnya seperti yang ada pada CyanogenMod (CyanogenMod 3 – CyanogenMod 14.1) atau hanya akan melanjutkan versi Android terbaru. Namun, jika Lineage OS memilih untuk hanya melanjutkan CyanogenMod14.1 dan tidak mengcover versi-versi sebelumnya, maka hal itu tidak menjadi masalah yang besar juga karena Anda tetap dapat mengunduh CyanogenMod build pada situsnya sesuai dengan perangkat yang disupport oleh mereka.

APA YANG KAMI HARAPKAN

Kami sangat berharap Lineage OS akan membawakan pengalaman Android yang lebih luas lagi dan akan terus berkembang pesat seperti CyanogenMod dan juga dapat memperbesar list perangkat yang disupportnya. Dan juga kami harap Lineage OS tetap berpegang teguh pada Stock Android yang sangat disukai oleh para pengguna CyanogenMod, serta meminimalisir Bug yang terdapat pada versi CyanogenMod.

APA STATUSNYA SEKARANG?

Lineage OS sudah dalam tahap pengembangan dan akan terus berkembang. Sampai saat ini sudah ada beberapa perangkat yang sudah dapat menjalani Lineage OS 14.1 di perangkat mereka. List perangkat yang sudah didukung Lineage OS 14.1 dapat Anda lihat disini. Situs tersebut mengupdate setiap ada update Lineage OS.

BAGAIMANA CARA MENGINSTALL LINEAGE OS?

Caranya sama seperti cara Anda menginstall CyanogenMod seperti yang sudah kami liput sebelumnya. Yang Anda perlu adalah :

  • Unlock bootloader perangkat Anda
  • Custom Recovery yang compatible dengan perangkat dan Custom ROM yang akan Anda Install
  • Download ROM sesuai dengan perangkat Anda
  • Download Gapps yang sesuai dengan ROM Anda, dalam hal ini Android 7.1
  • Lakukan Wipe Sistem dan Data
  • Install ROM terlebih dahulu, diikuti dengan Gapps
  • Restart and Enjoy!

SUMMARY

Lineage OS akan melanjutkan sejarah yang telah dibuat oleh CyanogenMod selama ini dan akan terus berkembang agar menjadi besar seperti “kakak”nya. Kami hanya dapat menunggu dan berharap sistem operasi ini akan berkembang cepat dan lebih stabil.

Recent Posts

Recent Comments

James Alexander Written by:

A simple boy with an enormous appetite for curiosity.

Be First to Comment

    Yuk Comment :D

    This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.