Bersihin RAM pada android sebenarnya guna ga sih?

Ketika setiap membuka aplikasi – aplikasi pada smartphone anda baik itu social media, game, dan lainnya, Apakah kalian sering membersihkan RAM kalian? Atau ketika ingin membuka suatu aplikasi kalian sering membersihkan RAM terlebih dahulu? Yap, mungkin ini adalah kebiasaan yang sudah umum terjadi pada kita semua, bahkan ada beberapa pengguna selalu membersihkan RAM pada smartphone nya berkali – kali. Hmm… apakah itu memang benar akan mempercepat kinerja pada suatu aplikasi? Yuk mari kita simak pada artikel getective pada hari ini!

RAM

Sebelum kita membahas lebih dalam, sebenarnya apa sih RAM itu? RAM (Random Access Memory) adalah sebuah penyimpanan data yang bersifat volatile atau juga penyimpanan data jangka pendek. Sama seperti komputer, smartphone menggunakan RAM sebagian besar untuk menyimpan data aplikasi – aplikasi yang sedang berjalan. Dibandingkan dengan internal memory, RAM sangat cepat dalam write dan read data yang dijalankan. Tetapi karena bersifat volatile, ketika smartphone kalian dalam posisi turn off maka semua data tersebut akan menghilang.

Baca Juga : Kupas Tuntas RAM pada Komputer dan Bagaimana Cara Kerjanya?

Bagaimana jika RAM penuh

Tak usah panik ketika kita melihat RAM pada smartphone penuh. Karena sistem pada Android akan otomatis membersihkan sebagian pada memory ketika mau membuka aplikasi baru. Jika kita membersihkan RAM secara manual, memang itu akan mempercepat kinerja. tapi hanya sementara. Karena ketika RAM kosong, maka sistem akan menjalankan lagi aplikasi – aplikasi yang berjalan di background. Dimana itu akan menghabiskan waktu dan kinerja dan bahkan mengurangi masa baterai.

Untuk kalian yang sering bermain game, tentunya game – game smartphone sekarang sangatlah memakan RAM yang cukup besar. Jika RAM pada smartphone anda tidak mencukupi, mungkin anda dapat menguninstall aplikasi – aplikasi yang selalu berjalan di background yang memakan RAM pada smartphone kalian. Atau anda dapat mem force stop aplikasi tersebut, seperti social media.

Kalau begitu, untuk apa gunanya membersihkan ram secara manual…? 

Memang benar banyak sekali manufaktur yang menanamkan fitur clearing ram pada tiap smartphone. Tapi sebenarnya membersihkan RAM secara manual dapat dilakukan ketika terjadi masalah – masalah tertentu. Apakah kalian pernah mengalami crash, freeze, lag, atau error pada saat menjalankan aplikasi? Contoh mudahnya seperti, ketika kita membuka aplikasi, dan aplikasi itu tiba – tiba terasa sangat lambat.

Nah, pada saat inilah sebaiknya anda membersihkan ram pada smartphone anda. Karena ketika RAM dibersihkan, maka aplikasi tersebut akan memulai baru lagi.

 

Kesimpulan

Dari pembahasan yang ada di atas, maka kita dapat simpulkan bahwa dengan membersihkan RAM pada smartphone tidak selalu mempercepat kinerja pada suatu aplikasi. Karena sistem pada Android dapat mengatur RAM secara otomatis pada smartphone. Membersihkan RAM secara manual dapat kita lakukan ketika mendapatkan masalah – masalah seperti yang tercantum diatas. Jadi anda tidak perlu repot – repot membersihkan RAM setiap ingin membuka suatu aplikasi.

Berikut adalah artikel pada minggu ini, semoga artikel ini dapat menambah pengetahuan kalian. Silahkan share jika artikel ini membantu kalian, Terima kasih 😀

 

Recent Posts

Recent Comments

Michael Susilo Written by:

Be First to Comment

    Yuk Comment :D

    This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.