Berapa lama umur HDD

HDD

Apa itu RAID dan Kegunaannya

HDD atau Hard Drive merupakan salah satu media penyimpanan yang saat ini masih terus digunakan dikalangan manapun karna dapat menyimpan data dengan banyak dan murah. Tetapi Pernahkah kalian berpikir berapa lama HDD yang kalian gunakan dapat bertahan?

Memang HDD tidak begitu mahal dan mudah untuk diganti tetapi yang penting bukanlah HDD-nya melainkan Data yang berada didalamnya. Dan pertanyaan sekarang yang akan muncul berapa lama HDD dapat bertahan?

 

Umur HDD

Harddisk HDD

Sebenarnya tidak ada jawaban yang sangat pasti untuk menjawab berapa lama HDD dapat bertahan dalam kondisi yang berbeda-beda bahkan dengan kondisi yang identik sekali-pun umur HDD dapat berbeda-beda.

Mungkin kalian sudah tahu bahwa HDD sebenarnya merupakan benda yang ‘bergerak’ dalam artian untuk melakukan read / write HDD memiliki piringan yang berputar untuk melakukan hal tersebut. Dan seperti yang kita semua tahu, bahwa benda bergerak akan lebih cepat rusak dibandingkan yang tidak bergerak.

Dengan adanya komponen yang bergerak didalam HDD bukan berarti umurnya singkat. Memang HDD akan memiliki umur singkat jika ketika ia bekerja dan kalian menggerakkannya seperti jika kalian membawa-bawa laptop pada saat kondisi menyala. Itu akan mempersingkat umur HDD tersebut. Selain itu jika kalian mendekat-kannya kebenda dengan tingkat magnetic yang tinggi HDD juga mudah rusak.

 

Baca Juga: Apa Perbedaan SSD dan HDD? Mana yang Lebih Baik?

 

Lalu Berapa lama umur HDD ketika digunakan untuk sehari-hari?

seperti yang dikatakan diatas, tidak ada jawaban pasti tetapi sebuah studi yang dilakukan oleh Backblaze 80% dari hard disk yang mereka gunakan dapat bertahan selama 4 tahun dan itu juga berarti 20% dari hard disk yang mereka gunakan rusak sebelum menyentuh 4 tahun.

Selain dari studi tersebut. Dari pengalaman kami sendiri selama menggunakan HDD untuk keseharian. Beberapa HDD kami ada yang bertahan 10 tahun lebih ada juga yang tidak sampai 5 tahun sudah mengalami kerusakan. tetapi rata-rata HDD yang kami gunakan memiliki umur 5 tahun dan masih dapat digunakan sampai sekarang.

Jika kalian menggunakan laptop kemungkinan rusak akan lebih besar karna kalian membawa-bawa laptop tersebut. Tetapi perlu diingat HDD untuk laptop memang sudah didesain lebih tahan getaran jadi kemungkinan umurnya akan sama dengan yang digunakan pada komputer yaitu (rata – rata 5 tahun) tentu saja jika kalian tidak menggerakkannya ketika sedang dalam kondisi berjalan, karna hal tersebut dapat mempersingkat umur dari HDD tersebut.

 

Dan itulah akhir dari artikel ini terima kasih telah membaca.

Jangan lupa untuk men-share jika menurut kalian artikel ini berguna :).

Dan tentunya nantikan artikel-artikel dari kami berikutnya.

Recent Posts

Recent Comments

Jemmy Wu Written by:

A person who love techs and computers

Be First to Comment

    Yuk Comment :D

    This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.