Apa Arti Kode – Kode pada Tempered Glass Smartphone?

Tempered Glass

Tempered Glass adalah salah satu aksesoris utama yang dicari oleh user setelah membeli smartphone, tidak jarang juga beberapa toko menjual smartphone yang sudah include dengan tempered glass saat pembelian sebagai salah satu nilai jual-nya. Nah, pada box tempered glass yang kita beli seringkali kita menemukan sebuah kode pada bungkus luar-nya seperti 6H, 8H, atau 9H. Banyak orang berpikir bahwa kode itu sebenarnya adalah Mohs Scale (skala yang mengklasifikasikan resistensi  goresan terhadap berbagai mineral melalui kemampuan suatu bahan keras menggores bahan yang lebih lunak), namun apakah benar seperti itu?

(Baca juga: Apa itu Layar Bezel-Less dan Apa Saja Kekurangannya?)

 

Smartphone tempered glass

 

Kenyataannya, dugaan tersebut salah besar. Kode yang ditulis dengan format “(angka)+H” pada tempered glass yang dijual dipasaran sebenarnya didasari oleh skala kekerasan pensil dimana ketahanan lapisan tempered glass ditentukan saat pensil yang terkeras tidak meninggalkan tanda ketika ditekan dengan kuat pada sudut 45 derajat.

 

(Baca juga: Apa itu Layar HDR pada Smartphone?)

 

Berikut adalah skala kekerasan pensil saat ini:

Skala kekerasan pensil / tempered glass

Kode-kode diatas terlihat familiar saat kita melihat ada 2B disana. Ya, itu adalah jenis pensil yang semua anak sekolah di Indonesia gunakan saat melakukan Ujian Nasional. Terlihat juga bahwa semakin keras pensilnya maka warna yang dihasilkan semakin abu atau tidak tegas, begitu sebaliknya pensil yang berbahan lebih soft akan lebih pekat warna hitam yang dihasilkannya.

 

CARA MENGETAHUI TINGKAT KEKUATAN TEMPERED GLASS

 

Fitur tempered glass pada smartphone

 

Mudahnya, proses pengetesannya adalah menggunakan pensil dari tingkat kekerasan tertinggi sampai terendah digoreskan satu persatu ke permukaan tempered glass. Amati jika pensil tersebut menggores permukaan kaca atau tidak, jika terlihat ada goresan maka pengetesan dilakukan sekali lagi namun menggunakan pensil yang satu skala dibawah pensil yang sudah digunakan untuk tes sebelumnya. Begitu terus sampai tidak terlihat ada goresan pada permukaan kaca saat di tes. Intinya ketahanan tempered glass akan goresan ditentukan oleh tingkatan kekerasan pensil mana yang tidak bisa menggores permukaan kaca tersebut.

Makanya kalau tempered glass yang kalian gunakan memiliki tingkatan 9H, kalian bisa merasa aman dan tidak khawatir perlu gonta ganti anti gores. Sebagai bayangan, pisau ataupun kunci tidak akan bisa menggores tempered glass kalian karena kaca tersebut lebih keras daripada pensil terkeras sekalipun.

 

(Baca juga: Apa itu Gorilla Glass dan Mengapa Penting untuk Smartphone Anda ?)

 

Dan juga sebagai perbandingan, anti gores plastik memiliki kadar ketahanan goresan pada 1H – 2H, ada juga screen protector berbahan lentur yang lebih mahal memiliki tingkat ketahanan goresan pada 6H. Bandingkan dengan tempered glass yang memiliki kadar ketahanan minimum pada 8H. Tapi perlu diingat, penggunaan tempered glass hanya efektif pada perlindungan akan goresan, jangan berpikir dengan menggunakan tempered glass maka layar smartphone kalian akan aman dari tindihan benda yang berat atau benturan yang keras seperti tertiban bola bowling.

 

Bagaimana? Sekarang kalian sudah mengerti kan arti dari kode tingkat kekerasan pada tempered glass? Comment dibawah ya kalau kalian ingin bertanya atau menambahkan sesuatu untuk artikel ini. Terima kasih sudah membaca!

Recent Posts

Recent Comments

Andrew Linarchdo Written by:

Penggemar Dunia IT dan Penggemar berat dunia Otomotif roda dua maupun roda empat. Masih kuliah dan berencana untuk bekerja di dunia otomotif ketimbang dunia IT, tapi kalau bisa dicampurkan antara ke-dua dunia tersebut maka akan lebih baik.

2 Comments

  1. Yugo
    January 16, 2018
    Reply

    Maturnuwun, terimakasih atas pencerahannya. Begitu to… Saya baru tahu. Pantas saja, selama ini saya merasa aneh ketika membaca spesifikasi tempered glass yang memiliki kekerasan 9H, yang artinya hampir sama kerasnya dengan diamond atau intan. Ternyata itu bukan skala mohs. Hahaha… Malah saya ga kepikiran dengan skala pensil. Padahal saya pakai pensil dari ukuran 2H sampai 4B. Ckckck…. Ijin share ya…

  2. Andrew Linarchdo
    January 16, 2018
    Reply

    Sama-sama, senang bisa memberi pencerahan lewat artikel saya hehehe. Silakan bro di share, means a lot!

Yuk Comment :D

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.