Apa yang dimaksud dengan LiFi (Light Fidelity)?

LiFi

LiFi (Light Fidelity)

Apakah kalian pernah mendengan LiFi (Light Fidelity)? Mungkin sudah ada yang pernah mendengarnya atau mengetahuinya. Tapi kami yakin banyak yang belum mengetahui apa itu LiFi.

Pasti kalian pernah mendengar atau bahkan menggunakan WiFi (Wireless Fidelity) kan? LiFi bisa dibilang memiliki kegunaan seperti WiFi yaitu mentransmisikan data 2 arah (upload & download) yang digunakan rata-rata dari kita untuk mempermudah akses ke Internet.

Jika WiFi menggunakan sinyal radio untuk mentransmisikan datanya, LiFi menggunakan cahaya dari bohlam LED untuk mentransmisikan data.

 

(Baca juga: Mengenal Jenis – Jenis Wi-Fi (Wireless-Fidelity))

 

Bagaimana cara kerjanya?

Cara kerja LiFi (Light Fidelity)

Cara kerjanya cukup simpel, jika kalian mengetahui cara kerja WiFi, ini mirip dengan itu, hanya saja kita memerlukan bohlam LED yang mendukung LiFi dan tentunya perangkat yang sudah mendukung LiFi.

Bisa dilihat dari gambar diatas bahwa pertama internet dihubungkan dengan router / switch terlebih dahulu dan switch tersebut dihubungkan dengan bohlam LED yang mendukung LiFi setelah itu perangkat yang digunakan menerima cahaya dari bohlam tersebut dan dapat melakukan transmisi data dari dan ke internet.

 

Seberapa cepat LiFi?

LiFi pada saat awal dikembangkan hanya dapat meraih kecepatan 150Mbps saja dan itu sangat lambat jika dibandingkan dengan WiFi N yang sudah beredar luas sekarang, tetapi dengan menggunakan LED yang lebih kuat dan teknologi yang berbeda di sebuah laboratorium mampu meraih kecepatan 10Gbps ini bahkan mengalahkan WiFi AD yang belum lama ini beredar.

 

Keuntungan menggunakan LiFi

  1. Memiliki kecepatan yang lebih cepat dibandingkan WiFi.
  2. Lebih aman karena data tidak dapat diganggu tanpa ada cahaya yang nampak jelas.
  3. Tidak ada lagi inteference antara jaringan seperti yang terjadi pada WiFi.
  4. Memiliki 2 kegunaan sekaligus yaitu untuk menerangkan dan mentransmisikan data.

 

Kapan tersedia?

Setelah membaca artikel ini mungkin kalian akan langsung mencari tahu dimana kalian dapat memilikinya atau menggunakannya, sayangnya LiFi kemungkinan tidak akan muncul dalam waktu dekat, sampai saat ini baru hanya prototipe nya saja yang dipamerkan ke masyarakat, dan mungkin dalam waktu 4-5 tahun mendatang teknologi ini baru akan siap dipasarkan ke masyarakat luas.

 

Dan itulah akhir dari artikel ini.

Terima kasih sudah membaca jangan lupa untuk men-share jika menurut kalian artikel ini berguna.

Dan tentunya selalu nantikan artikel – artikel dari getective selanjutnya. 😀

Support Kami dengan berdonasi disini. 😀

Recent Posts

Recent Comments

Jemmy Wu Written by:

A person who love techs and computers

Be First to Comment

Yuk Comment :D

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.