Apa itu Optical Audio Port dan Kegunaannya ?

Optical Audio Port

 

Optical Audio Port pada DVD Player

 

Pernahkah kalian melihat port optical seperti gambar diatas? Jika sudah, kalian mungkin pernah menemukan port ini pada komputer, televisi, receiver dan lainnya. Namun tidak banyak orang yang mengetahui dan menggunakannya, nah pada artikel ini kita akan membahas tentang port optical audio, apa kegunaannya dan keuntungan menggunakannya.

Apa itu Port Optical Audio?

Port Optical Audio adalah salah satu port yang berfungsi untuk menerima sinyal suara selain port HDMI. Bedanya, port optical audio hanya dapat mengirimkan sinyal suara sedangkan port HDMI dapat mengirimkan sinyal suara dan video sekaligus. Kabel Optical Audio menggunakan kabel fiber optic dan menembakkan sinar laser sebagai media pengiriman sinyal suara. Gambar di bawah ini adalah contoh kabel Optical Audio :

 

Kabel Optical Audio

 

Bentuk kepala kabel yang seperti ujung pistol berguna untuk menembakkan cahaya laser yang berfungsi sebagai media pengirim suara. Fun fact, Teknologi ini sudah dikenalkan kepada dunia sejak tahun 1983 oleh Toshiba. Pada awalnya mereka menciptakan port ini untuk digunakan pada Compact-Disk mereka. Jadi, kebanyakkan orang yang mengetahui optical audio akan lebih familiar dengan sebutan Toshiba-link atau kabel TOSLINK.

Walaupun port ini sudah jarang digunakan semenjak munculnya port HDMI (karena port HDMI bisa mengirimkan sinyal suara dan video sekaligus dan mendukung format audio beresolusi tinggi seperti Dolby TrueHD sedangkan port Optical Audio tidak bisa) namun masih banyak kegunaannya yang bisa kita manfaatkan sewaktu-waktu.

 

(Baca juga: HDMI 2.1 – The Next Generation of HDMI)

 

Kegunaan Port Optical Audio

Mungkin kalian berpikir, kalau sudah ada HDMI kenapa harus ribet memakai port Optical Audio? Ya, memang benar bahwa Optical Audio sudah ditinggalkan sejak lama. Tapi bukan berarti port ini sudah tidak bisa digunakan sepenuhnya pada zaman now loh! Berikut 3 kegunaan port Optical Audio yang sudah kita rangkum :

1. Bisa digunakan untuk pemutar musik jadul

Jika kalian mempunyai music player yang berkualitas baik namun sudah tua dan memiliki semua port namun tidak memiliki port HDMI, kalian bisa menggunakan port optical audio untuk mendapatkan kualitas suara yang bagus setara dengan kualitas suara yang dikeluarkan oleh port HDMI.

2. Dapat digunakan tanpa menggunakan layar

Jika kabel HDMI harus menyalakan layar supaya dapat digunakan untuk memutar suara, maka port Optical ini tidak perlu menggunakan layar. Sebagai contoh:

Kalian ingin menggunakan Blu-ray player sebagai CD player namun tidak ingin menyalakan TV atau layar untuk  mendengarkan CD. Jika Blu-ray player kalian memiliki port optical maka kalian bisa langsung mendengarkan musik melalui port tersebut langsung ke speaker atau receiver tanpa harus menyalakan TV atau layar.

3. Tidak ada bunyi “menggumam” pada speaker

Kalian pasti pernah mendengar bunyi gumam yang keluar dari speaker. Hal itu disebabkan oleh kabel-kabel yang semrawut dan tidak beraturan, saling bertumpuk sehingga menyebabkan gangguan pada aliran listrik di dalam kabel. Memang suara gumam pada speaker terdengar seperti hal yang sepele, namun hal itu mampu merusak speaker kalian jika terjadi terus menerus.

 

(Baca juga: Perbandingan Speaker Bluetooth dan Speaker Konvensional)

 

Satu hal yang bisa kalian lakukan adalah membereskan kabel-kabel yang berantakan dan menyusunnya dengan rapi, tapi hal itu membutuhkan waktu yang lama dan terkadang tidak dapat ditemukan akar masalahnya. Salah satu solusi yang mudah adalah dengan menggunakan kabel TOSLINK. Kabel tersebut menggunakan kabel fiber optic yang murni plastik dan kaca sehingga tidak ada gangguan elektrikal yang dapat menyebabkan gumam pada speaker.

 

Nah, sekarang kalian sudah tahu kan apa itu Optical Audio? Jika kalian ingin menceritakan pengalaman menggunakan optical audio, silahkan gunakan kolom komentar dibawah.

Sekian artikel kali ini. Terima kasih sudah membaca!

Recent Posts

Recent Comments

Andrew Linarchdo Written by:

Penggemar Dunia IT dan Penggemar berat dunia Otomotif roda dua maupun roda empat. Masih kuliah dan berencana untuk bekerja di dunia otomotif ketimbang dunia IT, tapi kalau bisa dicampurkan antara ke-dua dunia tersebut maka akan lebih baik.

3 Comments

  1. Suwanto
    September 1, 2019
    Reply

    jika saya ingin mengeluarkan suara dari tv ke speaker… bisa kah melalui audio optical out ke speaker yg pakai line in L dan R?

    • Jemmy Wu
      September 2, 2019
      Reply

      Mungkin saja asalkan mengguknakan converter dari audio optical ke analog LR tersebut.

Yuk Comment :D

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.