Apa itu Android Auto?

Android

Android merupakan Sistem Operasi smartphone yang saat ini paling banyak digunakan di dunia. Di dunia otomotif pun android juga ambil bagian, melalui Android Auto, walaupun pengguna-nya tidak terlalu banyak terutama di Indonesia. Tapi tetap saja ada yang penasaran dengan Android Auto ini, sebenarnya apa sih Android Auto ini?

Android Auto

Android Auto merupakan jawaban bagi para pengguna kendaraan roda 4 yang ingin memanfaatkan fitur-fitur dan aplikasi android di mobil mereka, seperti ingin mengetahui rute, dibandingkan ber navigasi menggunakan peta bawaan dari Head Unit mobil tersebut lebih baik menggunakan Google maps untuk menghindari adanya macet dan rute yang lebih flexible. itu hanya satu dari berbagai kelebihan Android Auto.

Jadi apa saja kelebihan Android Auto ini?

Navigasi

nanvigasi pada android auto

Dengan menggunakan aplikasi navigasi yang tersedia di android seperti google maps dan waze kita tentu akan lebih mudah bernavigasi melewati macet dan mendapatkan jalur terbaik.

 

Media Player Music

spotify pada android auto

Mungkin ini dianggap sepele, karna kebanyakan mobil sekarang dapat menjalankan music dari Bluetooth ataupun flashdisk di mobil. Tetapi apakah kalian dapat menstreaming lagu seperti dari Google Play Music atau Spotify? Ya dengan menggunakan Android Auto ini kalian dapat menggunakan kedua aplikasi tersebut untuk memainkan musik.

 

SMS dan Telepon

sms dan telpon pada android auto

Memang Head unit mobil yang sudah memiliki bluetooth sudah terdapat ini, pada Android Auto pun hal ini menjadi bawaan yang dapat digunakan dengan mudah dan interface yang lebih simple.

 

Baca Juga : Mengenal Teknologi Bluetooth 5

Google Assistant Integration

integrasi google assistant

Nah ini salah satu kelebihan yang tidak dapat ditemukan pada head unit mobil lain. Yaitu adanya Google Assistant yang dapat kita minta untuk mengarahkan kita, memutar musik, melakukan panggilan telepon, dan banyak hal lainnya.

 

Third-Party Apps

whatsapp android auto

Aplikasi – aplikasi yang bukan bawaan google pun dapat digunakan pada Android Auto ini, seperti Waze, WhatsApp, Spotify, dan lain sebagainya.

 

Dengan itu semua, mungkin kalian akan mulai ingin menggunakan Android Auto ini, tetapi sayangnya jika kalian ingin menggunakannya, secara default di Indonesia hanya beberapa jenis mobil saja yang sudah memiliki Head Unit yang mendukungnya.

Dan Jika kalian ingin tetap menggunakannya kalian boleh mencoba mencari tahu Head Unit third-party yang sudah compatible dan menggantikan Head Unit kalian sekarang.

Tetapi jangan berkecil hati dulu bagi yang tidak memiliki Head Unit nya, karna Android Auto dapat digunakan tanpa Head-Unit dan berjalan di smartphone kalian secara langsung, tentu saja user experience nya akan sangat berbeda dengan yang menggunakan Head unit di mobil masing-masing.

 

Dan itulah akhir dari artikel kami hari ini, Terima Kasih telah membaca.

Jangan lupa Share jika menurut kalian artikel ini berguna, Dan tentunya nantikan terus artikel-artikel dari kami berikutnya!

 

 

 

 

 

Recent Posts

Recent Comments

Jemmy Wu Written by:

A person who love techs and computers

Be First to Comment

    Yuk Comment :D

    This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.