5 Fitur Yang Wajib Diketahui pada Android 8.0 Oreo

Android Oreo

A,B,C,D,E,F,G,H,I,J,K,L,M,N,O….. O? ya Oreo. Android 8.0 sudah resmi di perkenalkan oleh Google dengan nama Oreo pada tanggal 22 Agustus 2017. Kapan kita akan mendapatkan update terbaru Android 8.0 ini? Berbahagialah pengguna Nexus 6P, Nexus 5X, Nexus Player, Pixel C, Pixel, dan Pixel XL karena dapat mencicipi terlebih dahulu system android terbaru ini. Untuk pengguna non-Google devices kalian harus cukup bersabar untuk mendapatkan update ini, mungkin bisa antara 3 bulan – 1 tahun tergantung pada device kalian.

Apa sih fitur-fitur terbaru yang dimiliki si ‘superhero’ satu ini? Berikut adalah 5 Top Fitur pada Android 8.0 Oreo versi Getective.

1. Better Battery Life

Tentunya fitur ini adalah salah satu alasan terpenting kalian wajib menggunakan sistem Android 8.0 ini, Google menambahkan apa yang disebut “wise limits” untuk menutup background service. Limit ini akan mengurangi penggunaan pada background services dan location updates, jadi aplikasi kalian tidak terlalu banyak memakan baterai pada saat tidak digunakan.

 

(Baca juga: Memori Smartphone Anda Kecil? Google Photos Solusinya!)

 

2. Picture in Picture

Bagi kalian yang sangat suka beraktivitas sambil menonton film, pasti kalian sangat menyukai fitur ini. Berbeda dengan split screen, disini kita dapat menonton film dan melakukan task lain pada smartphone anda dalam waktu yang bersamaan. Kita dapat melakukannya dengan menekan tombol home ketika kalian menonton film, dan otomatis fitur ini langsung berfungsi. Kalian juga dapat me-resize sesuka hati kalian.

Picture in Picture Android 8.0 Oreo

3. Notification

Notification Dots

Notification dots ini berfungsi ketika ada pemberitahuan pada aplikasi anda, dan bukan disini saja uniknya, cobalah tap agak lama pada aplikasi tersebut dan muncul sebuah dialog kecil yang berisi pemberitahuan dalam aplikasi tersebut, dibawah ini adalah contoh notification dots.

Notification Dots pada Android 8.0 Oreo

Snooze Notification

Ketika anda tidak ingin menghilangkan notification pada aplikasi kalian, tapi sedang tidak sempat. Snooze Notification dapat membantu anda dalam masalah ini, dengan menekan dan men-slide kekanan secara notif secara perlahan, anda dapat menunda notification tersebut.

4. Smart Text Selection

Fitur ini sangat memudahkan kalian untuk meng-copy paste suatu teks. Contohnya ketika ada teks alamat yang anda ingin copy, Google langsung dapat menganalisa bahwa itu adalah sebuah alamat dan dapat menyarankan ke Maps atau telepon jika deretan teks tersebut adalah nomor telepon.

Smart Text Selection Android 8.0 Oreo

5. Autofill Password

Tentunya kita semua malas ketika mengetikan password berkali-kali, terlebih lagi jika password tersebut sangat sulit. Ini adalah fitur yang otomatis melakukan pengisian form seperti pada halaman-halaman login yang membutuhkan username dan password kalian.

Autofill Password Android 8.0 Oreo

(Baca juga: Bisakah Ponsel Android Anda Terkena Virus?)

 

Bagaimana pendapat kalian setelah mengetahui 5 fitur ini? Apakah kalian ingin meng-update smartphone kalian ke Android Oreo ini? Jangan lupa berikan komentar anda tentang artikel yang satu ini, dan share jika artikel ini berguna bagi anda ya! Nantikan artikel-artikel seru lainnya di Getective 😀

See ya!

Recent Posts

Recent Comments

Michael Susilo Written by:

One Comment

Yuk Comment :D

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.